My FacebooK

Etika dalam berprofesi di dunia Teknologi Informasi

~ ~


Pertama-tama saya mengucapkan selamat datang kembali buat kawan-kawan saya yang lagi buka blog gw ini. Ini adalah tugas pertama gw dari mata pelajaran Etika dan Profesionalisme TSI dengan dosen tercinta ibu FARIDA, MMSI.,SKom.  Okelah klo begithu..
          Setelah saya melihat soal yang diberikan ibu dosen tentang etika dalam berprofesi di dunia Teknologi Informasi yang terbayang dipikiran saya adalah tata karma, tingkah laku, sopan santun, kode moral dari suatu profesi tertentu dalam menggunakan teknologi informasi sebagai contoh penggunaan internet. Eits jangan salah, dalam menggunakan internet juga perlu etika lho. Nah berikut menurut James H.Moor ada tiga alasan utama mengapa masyarakat berminat untuk menggunakan computer serta etika pemanfaatan teknologi informasi yaitu:
1. kelenturan logika (logical malleability), memiliki kemampuan untuk membuat suatu aplikasi untuk melakukan apapun yang diinginkan oleh programmer untuk penggunaannya
2. faktor transformasi (transformation factors), memiliki kemampuan untuk bergerak dengan cepat kemanapun akan menuju ke suatu tempat.
 3. faktor tak kasat mata (invisibility factors), memiliki kemampuan untuk menyembunyikan semua operasi internal komputer sehingga tidak ada peluang bagi penyusup untuk menyalahgunakan operasi tersebut.
          Berbicara tentang etika, etika memiliki beberapa pengertian antara lain :
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang saya miliki, Etika merupakan satu ilmu mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

 Menurut Kattsoff, Etika lebih banyak berhubungan dengan prinsip-prinsip dasar dalam hubungan tingkah laku manusia.

Menurut Austin Fogothetu, Etika berhubungan dengan seluruh ilmu pengetahuan tentang manusia dan masyarakat.
Salah satu yang harus dipahami adalah bahwa apa yang tidak etis tidak illegal. Dalam lingkungan yang kompleks, definisi benar dan salah tidak selalu jelas. Juga perbedaan antara illegal dan tidak beretika tidak selalu jelas.
          Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi telah menciptakan berbagai situasi etika yang baru. Misal isu sebuah perusahaan yang secara legal memonitor email pegawai merupakan hal yang kontroversial. Selain itu ada perbedaan antara etika di perusahaan dengan individu.
          Huft....semoga dengan adanya materi ini, kawan-kawan saya dapat lebih bersikap dalam menjaga etika dalam berprofesi di dunia teknologi informasi. Ammmmiiinnnnn... \:D/
Sumber inspirasi saya ada disini ni :  http://irmarr.staff.gunadarma.ac.id


0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - imam putra
IniMinimalisKah is proudly powered by Blogger