My FacebooK

Bagaimanakah ciri-ciri profesionalisme di bidang IT dan kode etik profesional yang seperti apa yang harus dipunyai oleh seorang IT

~ ~

               Kembali lagi dalam dunia saya, dunia imam putra hehehe... langsung saja tidak usa bertele-tele. Dari judul yang diajukan dari ibu dosen FARIDA, SKOM, MMSI yang berjudul “Bagaimanakah ciri-ciri profesionalisme di bidang IT dan kode etik profesional yang harus dipunyai oleh seorang IT” dari kalimat
profesonalisme dan kode etik profesional tersebut dapat sudah diambil kesimpulan bahwa seorang IT dibidang apapun itu harus bisa menempatkan diri dalam situasi manapun serta seseorang yang pintar dibidang komputer atau pemograman yang memiliki kualitas pengetahuan yang sangat baik dan melakukan pekerjaannya dalam bidangnya dengan sangat baik dan bertanggung jawab.
               Sedangkan untuk kalimat kode etik profesional sendiri mempunyai arti perilaku profesional atau etika bagi para anggotanya. Etika berkaitan dengan masalah bagaimana seseorang bertindak terhadap oranglain.Tujuan dari etika adalah Untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruk bagi semua manusia dalam ruang dan waktu tertentu. Sesuatu hal dikatakan baik bila ia mendatangkan rahmat, dan memberikan perasaan senang, atau bahagia (Sesuatu dikatakan baik bila ia dihargai secara positif). Buruk yaitu Segala yang tercela. Perbuatan buruk berarti perbuatan yang bertentangan dengan norma?norma masyarakat yang berlaku.
Jadi dapat disimpulkan profesonalisme dan kode etik profesional seseorang dibidang komputer atau pemrograman harus dapat melakukan pekerjaannya sengan baik serta bertanggungjawab akan pekerjaan tersebut dan dalam melakukan pekerjaan yang dikerjakan seorang programmer wajib memerhatikan etika, sikap, apakah yang dilakukan sudah baik atau bertentangan dengan norma yang berlaku dimasyarakat.
Ups sampai ketinggalan untuk menjelaskan ciri-cirinya nich hehehe... Adapun ciri-ciri seorang profesional di bidang IT adalah :








  • Mempunyai pengetahuan yang tinggi di bidang TI







  • Mempunyai ketrampilan yang tinggi di bidang TI







  • Mempunyai pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat, budaya, seni, sejarah dan komunikasi







  • Cepat tanggap terhada[ masalah client, paham terhadap isyu-isyu etis serta tata nilai kilen-nya







  • Mampu melakukan pendekatan multidispliner







  • Mampu bekerja sama







  • Bekerja dibawah disiplin etika







  • Mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat.
So, sudah dapat dimengertikan ciri-ciri profesionalisme di bidang IT dan kode etik profesional yang harus dipunyai oleh seorang IT?? jadi untuk kita semua dobidang apapun wajib untuk mematuhi kode etik dalam melakukan pekerjaan.
Penulisan saya ini terinspirasi dari :


0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - imam putra
IniMinimalisKah is proudly powered by Blogger